yllix.com

Mengubah IP menjadi Domain



Bagi kita yang berlangganan internet dan mendapatkan IP public, dan butuh akses secara remote ke network tersebut, maka domain name akan jauh mudah diingat dibanding dengan IP. Apalagi kalo IP-nya berubah-ubah, setiap kali koneksi putus dan nyambung lagi (IP dynamic).

Di jaringan internet, yang bertugas untuk mengubah nama domain menjadi IP adalah DNS (Domain Name Server). Selain normal DNS, ada dynamic DNS. Perbedaan mendasar keduanya adalah waktu refresh. Dynamic DNS mempunyai waktu refresh yang jauh lebih cepat, misalnya setiap 10menit, sedangkan DNS normal biasanya waktu refreshnya adalah 24 jam.

Kalau koneksi kita menggunakan IP dynamic, maka mau tidak mau, dynamic DNS (DDNS) menjadi solusi supaya kita tetap bisa punya nama domain. Salah satu layanan DDNS yang cukup menarik adalah dyndns.dk.

Setelah masuk ke dyndns.dk, silakan register (kalau belum), masukkan nama domain yang diinginkan, misalnya : serverku2015 ... lalu ikuti petunjuk selanjutnya (butuh email untuk konfirmasi). Nantinya, kita bisa mengakses IP kita menggunakan nama serverku2015.dyndns.dk ...

Untuk melakukan refresh (jika misalnya IP berubah karena router/modem restart), hanya perlu masuk ke site tersebut lagi, http://dyndns.dk lalu login, dan pilih menu update/refresh. Selain secara manual seperti itu, dyndns.dk juga menyediakan URL langsung yang bisa dipanggil untuk melakukan refresh IP (tanpa butuh interaksi dengan kita). URL ini akan sangat berguna kalau kita ingin melakukan proses update IP secara berkala, misalnya melalui cron / scheduler.

Semoga bermanfaat,

Tidak ada komentar